Gerhana Matahari Total November 2013

Masih di Awal-awal bulan November ini , yang pasti awal bulan tu masih gemuk-gemuknya rekening dan dompet pun brisi sob hehe.tapi gak membahas soal dompet atau isinya saya akan menulis artikel tentang Fenomena Astronomi dibulan November , dan memanjakan para ilmuwan atau pencinta Astronomi pastinya sudah ditunggu.

ada bebebrapa Fenomena yang akan terjadi dibulan November ini .


1. Gerhana Matahari Campuran

Minggu 3 November 2013 akan ada Gerhana Matahari Total atau Gerhana Matahari Kali ini adalah Gerhana Campuran Matahari dengan Magnitudo 1,0159. Gerhana ini Akan Nampak Total disekitar Samudra Atlantik disebelah Timur Florida sampai Gabon dan Afrika , Durasi waktu maksimum 1 Menit 39 Detik Akan Terjadi Di Samudra Atlantik Diselatan Pantai Gading dan Ghana .



2. Komet ISON C/2012 S1
Komet ini di temukan pada 21 september 2012 dengan Astronom Amatir vitaly Nevsky dari Belarusia dan Artyom Nowitschonok dari Rusia CCD, teleskop 40-inci dari International Scientific Optical Network won (Ison).
Mungkin Koment ini yang paling ditunggu-tunggu para astrnomi dan orang disluruh dunia pada akhir bulan ini tidak hanya langka tapi komet ini baru pertamanya mendekati dan mengorbit sejak 10.000tahun lalu ia Mulai terterikoleh gravitas matahari dan memulai perjalanan ,sejak selama ini berada di Kuiper Belt.
Komet ini di klaim sebagai ilmuwan komet yang paling terang pada Abad ini dan penampakan Akan semakin jelas hingga akhir tahun 2013.



3. Hujan Meteor Leonids
Hujan Meteor Leonids ATAU sisebut juga Shooting Star . Hujan ini berasal dari konstlasi Leo ini adalah Pecahan dari Komet temple –Turtle.
Leonids ini melakukan perjalan sejauh 45 Mil , orang-orang yang ada diBumi akan meyaksikannya Debu-debu dari Koment Swift-Turtle berlawanan dengan Titik Bumi dan Melesat dengan kecepatan 72 Km per derik di tahun 2013 ini , meteor ini dipercaya ilmuan muncul pada pertengan Bulan November ini .




4. Cahaya Zodiak
Dimulai pada Hari ini 2 November dan akan berlanjut pada 2 minggu kedepan , bagian utara belahan bumi kita akan meyaksikann cahaya berpendar sedikit menakutkan .
Cahaya ini hadir dari pendaraan cahaya Zodiak tabrakan antara asteroid-astroid Besar , sabuk asteroid adalah bagian Tata surya terletak kira-kira antara orbit planet mars dan Jupiter. Tabrakan ini juga menghasilakan debu dan tabrakan inilah yang menghasilan debu ini membentuk kompnen cahaya Zodiak .Sebuah asteroid di dalam sabuk utama dapat dikategorikan berdasarkan spektrumnya, yang sebagian besar jatuh ke dalam tiga kelompok dasar: karbon (C-type), silikat (S-tipe), dan kaya logam (M-type).

Lebih dari separuh massa sabuk utama terdapat di empat terbesar objek: Ceres, 4 Vesta, 2 Pallas, dan 10 Hygiea. Kesemuanya berdiameter lebih dari 400 km, sementara Ceres, planet kerdil yang ada di sabuk utama memiliki diameter sekitar 950 kilometer. Selebihnya mempunyai berbagai ukuran sampai sekecil partikel debu.


WAH SERU bukan bulan ini saya sebagai anak geografi pasti pengen lah melihat ini , ini yang saya tunggu"
untuk lebih datailnya tentang Fenomena yang terjadi bulan ini cari google , hehe yang 4 diatas hanya yang saya tunggu aja kehadiarannya :D
Load disqus comments

0 comments

Followers